Prodi PGMI

PROFIL PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

Akreditasi BAN PT "B"  SK Akreditasi 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 
Info Akreditas : 
http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php
 

 

 

Sejarahsingkat :

Program StudiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)bernaungdibawahFakultasTarbiyahInstitut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap.Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) didirikanpadatahun 2007 denganijinpenyelenggaraanterakhirdariDirekturJenderalPendidikan Islam No. 593tahun 2012 tertanggal 24 Mei 2012 danterakreditasioleh BAN-PT dengan SK BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 tertanggal29 September 2011.                                                           

 

Visi :

Menjadi Program Studi yang ungguldalammenghasilkan Guru pendidikandasar Islam yang professional danberkepribadianIslami.

 

Misi :

1.Menyelenggarakanpendidikan yang berkualitasuntukmempersiapkan guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) /SekolahDasar Islam (SDI) yang kompeten di bidangnya

2.Mengembangkanpenelitian yang inspiratif, inovatifdanaplikatifdalambidangpendidikandasar Islam.

3.Melaksanakankegiatanpengabdianmasyarakat yang variatif di bidangpendidikandasar Islam

 

Tujuan :

1.Menghasilkan guru pendidikandasar Islam yang kompeten.

2.Menghasilkanpeneliti yang produktifdaninovatif di bidangpendidikandasar Islam

3.MenghasilkanKonsultandibidangpendidikandasar Islam.

4.Menjadipusatpengembanganpengabdianmasyarakat di bidangpendidikandasar Islam.

 

Kompetensiutama  :

  1. MenguasaifilsafatdanIlmuPendidikan Islam.
  2. Menguasaipembelajaransebagai guru kelas.
  3. MenguasaimateriBahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, danPKn.
  4. MenguasaimateriAqidah&Akhlak, Al Qur’an hadits, Fiqh, SKI
  5. Mampumengaplikasikanpembelajaran di MI
  6. Menguasaidanmampumengaplikasikanpenelitiantindakankelas

KompetensiPendukung :

  1. Menguasaimetodologipenelitianpendidikandasar
  2. Menguasaidanmampumengaplikasikanmanajemenpendidikandasar.
  3. Menguasaiteknik / metodeBimbingandanKonseling di sekolah

 

Kompetensilainnya/pilihankhusus :

  1. Memilikikemampuanberbahasa Arab danberbahasaInggrissecaraaktifmaupunpasif.
  2. MemilikikemampuanuntukmelakukanpembelajaranalternatifmatapelajaranBahasa Indonesia, IPA, IPS, danMatematika
  3. Memilikikemampuanmelakukanpembelajaran di MI/SD yang berorientasimasadepan